Pada Kamis, 3 Maret 2022 telah diselenggarakan kegiatan Workshop “Pengantar Kuliah Lapangan Bayat: Geologi Regional Jawa Bagian Timur” di Departemen Teknik Geologi Undip. Latar belakang kegiatan ini adalah bahwa seorang ahli geologi memerlukan pengalaman dalam observasi di lapangan untuk mengasah indera dan kepekaan geologi yang tak tergantikan oleh teknologi apapun. Sasaran dari kegiatan ini terutama adalah staf pengajar serta mahasiswa peserta Pemetaan Geologi 2022 sebagai persiapan sebelum pelaksanaan kegiatan lapangan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng. sebagai Ketua Departemen Teknik Geologi Undip. Narasumber workshop adalah Dr.Ir. Carolus Prasetyadi, MT dari Jurusan Teknik Geologi UPNV Yogyakarta. Beliau adalah akademisi geologi yang telah melakukan riset mengenai evolusi tektonik Jawa bagian timur, sesuai dengan topik dalam workshop ini. Peneliti yang akrab disapa Pak Pras ini memberikan pendahuluan berupa arti penting kegiatan lapangan dalam geologi. Ketepatan pengambilan data di lapangan menjadi awal yang sangat fundamental dalam setiap penyelidikan geologi. Apabila dilakukan dengan benar dan kontinu, pengalaman kegiatan lapangan ini akan menjadi keahlian geologi.

Materi inti mengenai geologi Jawa bagian timur disampaikan oleh Pak Pras dengan komprehensif kepada peserta workshop. Tatanan geologi Jawa Timur sangat menarik, yaitu tempat berpindahnya zona subduksi pada Paleogen. Terdapat banyak singkapan batuan basement dan sedimen Eosen ditemukan, contohnya di Bayat, Kulon Progo, dan Karang Sambung. Fenomena ini sangat penting dipelajari terkait sejarah perkembangan cekungan Tersier di Jawa Timur mencakup Zona Kendeng dan Zona Pegunungan Selatan. Penyampaian materi ini dimoderatori oleh Bapak Tri Winarno, ST, M.Eng.

Sesi tanya jawab setelahnya berlangsung dengan interaktif menunjukkan keingintahuan peserta baik dosen maupun mahasiswa atas topik yang dibahas. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama secara virtual.