Setelah libur lebaran 1444 H, sejumlah dosen dan mahasiswa Departemen Teknik Geologi Undip melakukan survei lapangan untuk kegiatan mata kuliah Geologi Minyak dan Gas Bumi. Mata kuliah ini dilaksanakan pada semester 6 dan untuk angkatan 2020. Survei lapangan ini untuk bertujuan untuk persiapan kegiatan ekskursi yang akan dilaksanakan pada Bulan Mei ini dengan tujuan daerah Blora dan Sekitarnya

Blora merupakan salah satu daerah penghasil minyak di Indonesia. Blora memiliki beberapa lapangan minyak dan gas yang dioperasikan oleh beberapa perusahaan, seperti PT Pertamina EP dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Produksi minyak dan gas dari Blora sangat penting bagi perekonomian Indonesia dan juga menjadi sumber pendapatan bagi daerah setempat. Selain dioperasikan oleh beberapa perusahaan besar, minyak bumi di Kabupaten Blora dan sekitarnya juga diusahakan oleh masyarakat sekitar melalui Koperasi atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Ekskursi ke lapangan sangat penting dilakukan oleh mahasiswa Departemen Teknik Geologi Undip untuk memperdalam pemahaman mereka tentang geologi, terutama mengenai sistem minyak bumi di Cekungan Jawa Timur Utara dan proses penambangan minyak tua di daerah Blora. Dalam kegiatan ekskursi, mahasiswa dapat melihat langsung kondisi lapangan dan geologi di wilayah tersebut, seperti stratigrafi, struktur geologi, serta jenis dan sifat batuan yang terdapat di daerah tersebut. Dengan pengalaman langsung di lapangan, mahasiswa dapat memperoleh gambaran yang lebih nyata dan mendalam mengenai kondisi geologi dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Selain itu, ekskursi juga dapat membantu mahasiswa memperoleh pengalaman praktis dalam melakukan pengamatan, pengukuran, dan pengambilan data lapangan yang penting dalam ilmu geologi.

Dengan demikian, ekskursi ke lapangan dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa Departemen Teknik Geologi Undip untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menerapkan ilmu geologi di lapangan dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai sistem minyak bumi di Cekungan Jawa Timur Utara serta proses penambangan minyak tua di daerah Blora.

-WBK-